Kamis, 02 May 2024
  • (0473) 21261
  • bpbd@luwuutarakab.go.id

Bupati serahkan 50 Unit Huntap kepada warga korban Banjir Kelurahan Bone Tua dan Kelurahan Bone

Bupati serahkan 50 Unit Huntap kepada warga korban Banjir Kelurahan Bone Tua dan Kelurahan Bone Foto : 50 Unit Huntap di Lahan Meli Desa Meli kec. Baebunta

50 Unit Hunian Tetap varian Domus type 36 yang dibangun  diatas lahan Meli kembali diserahkan Bupati Indah Putri Indriani bersama para Muspida yang didampingi beberapa Pimpinan OPD pada Jumat Sore kemarin (31/03/2022) di Aula Lagaligo.

Huntap yang diserahkan kepada 50 Keluarga Penyintas Banjir Bandang yang berasal dari dua Kelurahan yaitu 8 dari Kelurahan Bone Tua dan 42 lainnya dari Kelurahan Bone yang direkolasikan ke Huntap yang dibangun di Desa Meli tersebut.

Berdasarkan Laporan H. Andi Awaluddin, ST. MT.  Kabid III Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kab. Luwu Utara,  jumlah Huntap yang telah diserahkan kepada para penyintas hingga akhir Maret 2023 adalah sebanyak 711 unit, Sementara sisanya masih dalam proses pembangunan. Selain Huntap yang diperuntukkan kepada penyintas  katagori  Rumah Rusak berat akibat Bencana banjir bandang lalu juga dilaporkan kepada Bupati realisasi bantuan stimulant perbaikan rumah rusak sedang dan rusak ringan yang telah mencapai 82,94 % dan sisanya akan dioptimalkan hingga Juni 2023.

Bupati Indah Putri pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa penyaluran bantuan pascabencana yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Luwu Utara  dinilai sebagai Kabupaten Penerima Dana Siap Pakai yang sangat Pregresif  dalam penyelesaian huntap dan penyalurah bantuan perbaikan Rumah Rusak dibandingkan beberapa wilayah yang menerima bantuan pascabencana serupa.

Pada kesempatan tersebut Bupati Indah juga mengapresiasi kerja-kerja semua pihak yang telah membantu Masyarakat peyintas dalam merealisasikan bantuan dari Pemerintah Pusat melaui BNPB RI ini dan akan terus mengupayakan Prasarana dan Sarana Umum (PSU) untuk lokasi-lokasi Huntap yang telah dibangun kepada Pemerintah Pusat.