Sabtu, 20 April 2024
  • (0473) 21261
  • bpbd@luwuutarakab.go.id

Empat SKPD Kepung Enceng Gondok di Muara Sungai Waelawie Malbar

Empat SKPD Kepung Enceng Gondok di Muara Sungai Waelawie Malbar Sejumlah pimpinan dan staf BPBD, Dinas PMD, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas PU ikut bergotong royong membersihkan enceng gondok di Waelawie, Kecamatan Malangke Barat, Sabtu 16 September. (FOTO: SYAHRUDDIN/FAJAR)

Empat Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Pemkab Luwu Utara bergotong royong bersama masyarakat untuk membersihkan enceng gondok yang menutupi muara sungai di Desa Waelawi Kecamatan Malangke Barat, Sabtu, 16 September. Masing-masing dari BPBD, Dinas PMD, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas PU.

Kepala BPBD, Alauddin Sukri, menjelaskan kahadiran BPBD untuk memotivasi masyarakat dalam bergotongroyong. ''Termasuk dengan bergotongroyong membersihkan enceng gondok yang menutupi muara sungai Waelawi Kecamatan Malangke Barat. Ini merupakan nawacita presiden dan pemerintah daerah turun memotivasi masyarakat," kata Alauddin kepada FAJARONLINE.COM. Gotong royong merupakan cerminan kesiapsiagaan bencana di dalam masyarakat.

Kadis PMD Luwu Utara, Misba, menjelaskan perlunya tindak lanjut penguatan masyarakat pesisir melalui pendekatan kelompok tani untuk penanaman mangrove dan penguatan kelompok tani tambak. "Kegiatan gotong royong merupakan tindak lanjut pencanangan bulan bakti gotong royong yang dilaksanakan bergiliran dari desa ke desa. Ini gerakan bersama untuk memaksimalkan pelibatan potensi masyarakat,'' jelas Misba.

Bagi Kadis Lingkungan Hidup Luwu Utara, Buramin Dannu, awal dari segalanya adalah kebersihan lingkungan. ''Manusia tidak lepas dari lingkungan," jelas Buramin.

Demikian juga dari Dinas PUPR Luwu Utara juga telah menyisir pantai di sepanjang Luwu Utara. Menurutnya, ini merupakan kegiatan PUPR untuk mengenali karakteristik pantai di Luwu Utara.

Sumber : Fajar online.com